Menurut Suharjono
(1995), modul merupakan materi yang disusun
dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembaca
diharapkan dapat menyerap sendiri materi
tersebut, dengan tujuan sebagai bahan pembelajaran mandiri siswa.
Sementara itu menurut Rusell dalam
Suharjono (1995), modul merupakan suatu paket pembelajaran berkaitan
dengan unit pelajaran (subject
matter) terkecil memuat sebuah konsep tunggal. Menurut
Mulyasa (2006) dalam Lutfia (2011:29) modul merupakan sarana atau media pemberi
informasi dan petunjuk yang jelas yang harus dilakukan peserta didik, modul
meerupakan pembelajaran individual, pengalaman belajar dalam modul disediakan
untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran selektif dan
seefisien mungkin, materi disajikan secara logis dan sistematis,memiliki
mekanisme untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran. Dapat
disimpulkan bahwa modul merupakan salah satu bahan ajar yang dikemas secara
utuh dan sistematis, didalamnya memuat seperangkat pengalaman belajar yang
terencana dan didesain untuk membantu peserta didik menguasai tujuan belajar
yang spesifik.
Sumber:
Sudjana, Nana
& Rivai, Ahmad. 2010. Media Pembelajaran. Bandung:
Sinar
Baru